Sunday, July 25, 2010

MARLIN TEST

Sekarang ini, untuk masuk dunia pelayaran biasanya kita akan dihadapkan dengan ujian Marlin Test. Marlin Test adalah Maritime English Test. Mengapa kita harus sedikit banyak menguasai Marlin? Karena ada perbedaan yang sangat signifikan antara bahasa Inggris di darat dan di laut.

Contoh:
Biasanya kita mengatakan Right untuk kata "kanan", tetapi untuk di kapal "kanan" dikatakan Starboard Side. Sedangkan kata "kiri" yang di darat dikatakan Left, maka di atas kapal kita harus mengucapkan Port Side.
Nah, berawal dari sana banyak perusahaan pelayaran yang mensaratkan agar calon pekerja di perusahaan mereka menguasai Marlin. Holland America Line adalah salah satu dari perusahaan yang menguji calon pelautnya dengan Marlin Test.

Marlin Test pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
1. Listening
Pada bagian ini kita dituntut untuk mengerti dan memahami apa yang dibicarakan dalam pembicaraan. Ketika mengerjakan bagian ini, sebaiknya anda mendengarkan dengan seksama dan memperhatikan soal dengan teliti. Membaca soal terlebih dulu sebelum mendengarkan pembicaraan akan membantu. Ingat! Kesempatan anda dalam mengerjakan soal bagian ini hanya (2) dua kali.

2. Filling The Gap
Mengisi jeda dalam sebuah kalimat adalah salah satu bagian dari soal-soal dalam Marlin Test. Ada kata yang disediakan untuk mengisi jeda dalam soal semacam ini. Jadi berhati-hatilah memasukan kata agar jawaban kita benar.

3. Different Sound
Pada contoh soal semacam ini, anda akan diberikan beberapa kata. Dari kata-kata tersebut ada salah satu kata yang bila diucapkan, cara pengucapannya akan berbeda dari kata-kata yang lain.
Contoh: BAD, DAD, LAND & DARK. Manakah yang cara pengucapannya berbeda?
BAD /bed/, DAD /ded/, LAND /lend/ & DARK /dark/. Jadi bila dilihat dari cara pengucapannya, maka DARK lah yang berbeda. Jadi anda harus memilih DARK.
Contoh lain: THROW, DOWN, SLOW & BOWL. Maka yang harus anda pilih adalah DOWN.

4. Odd Words
Pada bagian ini anda akan dihadapakan dengan kata-kata yang berbeda dari kata yang diberikan. Pada soal ini, kata itu akan terasa ganjil bila memperhatikan kata-kata yang lain.
Contoh: BOOK, MAGAZINE, TELEVISION, NEWSPAPER. Maka yang harus anda pilih adalah TELEVISION karena kata ini tidak sesuai dengan kata yang lain. TELEVISION adalah media elektronik dan sisanya adalah media cetak.
Contoh lain: ARM, HEAD, HAND, HAT. Maka yang anda pilih adalah HAT, karena kata ini bukan bagian tubuh, tidak seperti kata-kata yang lain.

5. Matching Picture
Pada bagian ini anda harus mencocokan kata yang sesuai dengan gambar. Bila anda memiliki perbendaharaan kosakata yang banyak, maka soal seperti ini akan terjawab dengan mudah.

6. Grammar
Soal-soal pada bagian ini harus anda jawab dengan menggunakan grammar. Jadi kuasailan grammar dengan baik.

7. Arrange Words
Pada soal seperti ini, anda harus menyusun kalimat dengan kata-kata yang berantakan dan menyusunnya menjadi kalimat yang benar.

8. Reading Comprehension
Membaca sebuah cerita agar bisa menjawab pertanyaan bagian ini. Anda dituntut untuk memahami isi dari bacaan yang anda baca pada soal ini.

9. What Do You Say.
Pada soal-soal seperti ini anda akan dihadapkan kepada cara anda membaca angka. Walaupun tidak terlalu sulit, anda harus teliti mengenai angka ini. Untuk lebih jelas anda bisa liat di contoh soal.

Nah, ketika anda sudah mengetahui gambaran dari Marlin Test. Ada baiknya anda menyiapkan diri dengan belajar contoh soal Marlin Test.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment